LAPORAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK PEMERINTAH KABUPATEN KLUNGKUNG

Pemerintah Kabupaten Klungkung telah berupaya dan berkomitmen untuk meningkatkan kualitas sektor pelayanan publik sebagai bentuk komitmen untuk mewujudkan Good Goverment, dan dalam mencapai tujuan serta fungsi pemerintahan yaitu  memberikan pelayanan kepada masyarakat secara Optimal,Efektif, Efisien, Bersih dan Dipercaya. salah satu metode yang dilaksanakan dalam meningkatkan sektor pelayanan yaitu dengan metode Survey. Survey yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Klungkung dilaksanakan melalui survey Kepuasan Masyarakat oleh masing masing OPD yang mempunyai Tugas dan Fungsi penyelengaraan pelayanan publik. Survey Kepuasan Masyarakat juga merupakan implementasi terhadap amanat dari Permenpan no 14 tahun 2017, dimana dalam peningkatan kualitas pelayanan publik secara berkelanjutan, pemerintah daerah perlu melakukan evaluasi terhadap penyelengaraan pelayanan publik. Metode survey yang dilaksanakan serta penyusunan laporan juga berpedoman pada Permenpan No 14 tahun 2017.

Hasil Survey Kepuasan Terhadap Masyarakat di susun dalam bentuk Laporan Indeks Kepuasan Masyarakat. ada 11 sub sektor urusan yang merupakan bahan materi yang di survey tingkat kepuasannya terhadap masyarakat, diantaranya yaitu Sektor Pendidikan, Kesehatan, Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, (Ketentraman, Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat), Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Sektor Pangan, Sektor Penanaman Modal, Sektor Pertanian, Sektor Perindustrian, sektor Pemerintahan serta sektor Perencanaan.

Dari hasil Rekapitulasi nilai Indeks Kepuasan Masyarakat  (IKM) yang berhasil dihimpun dari beberapa OPD di Kabupaten Klungkung, kemudian diagregasi dan dikalikan bobot berdasarkan kategori urusan sehingga dihasilkan Indek Kepuasan Masyarakat Masyarakat Kabupaten Klungkung. Berdasarkan hasil proses agregasi, maka didapat nilai IKM Kab. Klungkung sebesar 83.28. dengan nilai mutu sangat baik. jadi dengan nilai perolehan hasil Surver seperti itu diharapkan lagi bagi Semua OPD penyelenggara Pelayanan Publik agar lebih meningkatkan kualitas pelayanan, sehingga tercipta suasana yang nyaman dan kondusif antara masyarakat dan pemerintah dalam setiap proses pelayanan yang dilakukan.

Laporan IKM dapat diakses melalui : https://bit.ly/2Vh8jOj

Tinggalkan komentar